BUPATI SUNUR: APBDES HARUS DUKUNG PRIORITAS SKALA NASIONAL

0
788

Lewoleba, “Anggaran Tahun 2021 ini, saya berharap agar dalam asitensi APBDes dapat dilakukan kegiatan-kegiatan yang strategis yang dapat mendukung program prioritas di kabupaten, provinsi maupun di skala nasional. Demikian yang disampaikan oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST., M.T, saat melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur pada, Rabu, (20/1/21).

Sambung Sunur, visi dan misi yang menjadi target di desa tetap dijalankan, sehingga pembangunan di desa sendiri tetap berjalan sebagaimana mestinya. “Visi dan misi tetap dijalankan di desa, dengan tetap mengikuti target prioritas dalam skala nasional”, ujar Sunur.

Lanjutnya, ada beberapa desa yang sudah memiliki potensi yang mengarah ke pariwisata. Untuk itu, program utama dalam pemgembangan pariwisata harus dilakukan. Mengingat pembangunan pariwisata sendiri merupakan prioritas pembangunan skala nasional yang memiliki dampak besar dalam mensejahterakan masyarakat yang ada di desa itu sendiri.

“Ada desa yang punya potensi pariwisata. Ada juga yang punya memiliki potensi di sektor lainnya. Oleh karena itu, harus ada kolerasi antara desa yang satu dengan yang lain, jelas Sunur.

Lebih jauh Sunur mengatakan Bumdes harus mampu meningkatkan usaha masyarakat di desa. Oleh karena itu, Bumdes dapat dilakukan bersama antara desa dengan desa yang memilki karakter yang sama. “Maksudnya kalau di desa A jual ikan terbang, maka di desa B juga menjual ikan terbang yang sama. Itu yang saya minta untuk bersinergi dalam pembangunan daerah ini”, pinta Sunur.

Diujung sambutannya Ia meminta agar para kepala desa di kecamatan Wulandoni ini dapat bekerjasama dan inovatif. Karena seluruh kepala desa di kecamatan ini, adalah Penjabat yang berlatarbelakang seorang ASN. Sebagai ASN tentu, harus lebih inovatif dan kreatif dalam membangun desanya.

“Kalian ini ASN sebenarnya jauh lebih memahami. Jadi tidak usah berpikir yang sulit atau terlalu rumit. Misalnya, di daerah saya ini daerah nelayan, saya butuh sampan untuk mendukung prodak atau meningkatkan produktivitas para nelayan. Begitu pula di daerah pertanian yang cocok untuk tanaman seperti bawang, coklat, kopi, sayur mayur dan lainnya yang dapat mendukung kegiatan ekonomi di hilir, ujar Sunur.

Selain itu Sunur juga berpesan agar para penjabat Kepala desa menyiapkan segala proses tahapan hingga pemilihan kepala desa definitif pada tahun ini.

“Tahun ini kalian juga mempunyai tugas untuk menyiapkan segala proses tahapan pemilihan kepala desa definitif yang akan berlangsung beberapa bulan ke depan. Kalian harus pastikan semua proses dapat berjalan dengan baik”, pinta Sunur.

Tambah Sunur, kepala desa agar dapat mensosialisasikan sedini mungkin terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di masyarakat. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak terprovokasi oleh berita maupun informasi dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab, tutup Ketua Golkar Lembata itu.

Hadir dalam kegiatan itu unsur Forkompimda, Kepala OPD, Sekcam Wulandoni dan Kepala Desa se-kecamatan Wulandoni. (Tim Kominfo Lembata)