KAPOLDA NTT KUNJUNGI KORBAN ERUPSI ILE LEWOTOLOK

0
589

Lewoleba, Kehadiran kami pada hari ini sebagai wujud kepedulian atas korban erupsi Gunung Ile Lewotolok dan atas perintah langsung Kapolri dan Panglima TNI. Kunjungan ini juga bertujuan untuk melihat situasi dan kondisi di lapangan serta melihat kesiapan dan penanganan yang sudah dilakukan Pemerintah Daerah Lembata. Sekaligus melihat apa-apa yang perlu kami bantu. Demikian ujar Kapolda Nusa Tenggara Timur Irjen Pol Lotharia Latif, saat konferensi pers di Posko Utama pengungsian korban erupsi Ile Lewotolok Lembata Nusa Tenggara Timur pada, Selasa, (1/12/20).

“Kami juga membawa bantuan kemanusiaan. Bantuan kemanusiaan ini bersifat pendahuluan dan yang lain akan menyusul” ujar Latif.

Latif menambahkan bahwa pihak Polri dan TNI siap membantu baik itu berupa personil, peralatan dan perlengkapan. Pihak Polri dan TNI akan bersinergi dengan Satgas yang telah dibentuk Pemda Lembata, LSM dan para relawan.

Ia juga mengingatkan agar semua elemen masyarakat tetap menjaga keamanan baik di posko-posko pengungsian maupun di desa-desa yang mereka tinggalkan. Ia juga mengingatkan kepada warga untuk tetap menjaga protokol kesehatan karena saat ini juga sedang wabah virus corona.

Kapolda juga mengharapkan agar situasi yang dialami masyarakat Lembata khususnya di Kecamatan Ile Ape dan Ile Ape Timur segera pulih, sehingga bisa melaksanakan aktivitas seperti biasa.

Sementara itu, Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST., M.T, menambahkan bahwa material yang paling dibutuhkan saat ini adalah kasur, selimut, makanan/suplemen untuk Balita, Lansia dan Ibu hamil.

Tambah Sunur, mengingat kita sudah memasuki musin penghujan, kita juga butuhkan obat-obatan terutama untuk Lansia untuk mengantisipasi penyakit bawaan yang mungkin kambuh di tenda pengungsian.

Dalam kunjungan ini Kapolda NTT didampingi Danrem 161 Wirasakti Kupang Kolonel Inf Samuel Petrus Hehakaya, Kepala Badan Intelijen Daerah NTT Brigjen TNI Adrianus San, S. Sos, Komandan Pangkalan Udara TNI AU El Tari Kupang Kolonel Penerbang Bambang Juniar D.,S.Sos.M.M, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) VII Laksamana Pertama (Laksma) TNI IG. Kompiang Aribawa, Ketua Bhayangkari Daerah NTT, dan Ketua Persit Chandra Kirana Daerah NTT.

Pantauan Redaksi Kominfo, Kapolda NTT bersama rombongan tiba di kabupaten Lembata langsung disambut oleh Bupati Lembata dan Ketua DPRD Lembata, Petrus Gero, S.Sos. Rombongan langsung melihat kondisi para pengungsi di setiap posko penampungan, serta bertanya jawab dengan para pengungsi terkait kondisi mereka.

Selain itu, Kapolda NTT bersama rombongan juga menyerahkan bantuan kemanusiaan bagi para pengungsi. Bantuan kemanusiaan yang diserahkan meliputi bahan makanan, obat-obatan, masker, selimut, alat makan dan mandi, alat kesehatan serta kursi roda bagi Lansia dan penyandang disabilitas. 

Usai melihat kondisi para pengungsi di lapangan. Rombongan langsung menuju pos pemantauan Gunung Ile Lewotolok di Desa Laranwutun Kecamatan Ile Ape.  (Tim Kominfo Lembata)