BUPATI SUNUR : JADIKANLAH PUSKESMAS SEBAGAI UJUNG TOMBAK PELAYANAN KESEHATAN MASYAKAT 

0
568

Lewoleba, Puskesmas sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan ujung tombak untuk memberikan pelayanan kesehatan perseorangan yang mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Demikian penyampaian Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST., M.T, ketika meresmikan Puskemas Lewoleba yang terletak di Desa Pada, Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur pada Selasa, 17/11/20).

”Saya minta petugasnya masuk kerja dulu, biar kita tahu mana yang kurang untuk dilengkapi. Terkait beberapa alat kesehatan (alkes) yang kita butuhkan. Kemarin saya sudah minta bantuan pemerintah pusat lewat Pak Melki Mekeng Anggota DPR RI Fraksi Golkar dan siap dibantu alkesnya,” ungkap Bupati Sunur. 

Menurut Bupati Sunur, selain kebutuhan alat kesehatan, mobil Ambulance juga kita butuhkan untuk membantu pelayanan di 12 Puskesmas yang ada di Kabupaten Lembata. 

Sambungnya, untuk pelayanan di Puskesmas Lewoleba, akan dibagi zonasi wilayah dalam pelayanan di dua puskesmas yang ada di kota Lewoleba ini. 

“Kita akan mengatur pelayanan baik puskesmas yang ada di kota Lewoleba maupun yang ada di sini. Kalau pun kurang tenaga medisnya pasti bisa di atur,” jelas Bupati dua periode itu.

Ditambahkan, perlu ada kerja tim diantara para medis, sehingga ketika bekerja harus dalam keadaan sehat serta tidak ada perbedaan terkait kualitas pelayanan. 

“Tempat ini sudah mulai kita pakai, maka perlu adanya pelayanan yang prima bagi masyarakat pada umumnya dan pasien pada khususnya,” terang Sunur Ketua Golkar Lembata itu.

Diujung sambutannya Ia mengharapkan agar puskesmas yang baru diresmikan ini dapat dimanfaatkan untuk membantu masyarakat Desa Pada, Waijarang, Bour dan Watokobu. Untuk itu, Ia meminta agar gedung puskesmas yang baru harus dijaga dengan baik, sehingga masyarakat mendapatkan pelayanan yang nyaman. 

“Saya mengharapkan agar gedung ini dirawat dengan baik dan segera siapkan petugas kebersihan agar gedung Puskesmas tetap bersih dan terawat,” tutup Sunur. 

Hadir dalam kegiatan itu para kepala Organisasi Perangkat Daerah, Camat Nubatukan dan para staf dinas Kesehatan. (Tim Kominfo Lembata)