BUPATI SUNUR ; BENCANA DAPAT TERJADI KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA, PERLU WASPADA DAN SIAP SIAGA

0
768

Lewoleba, “Bencana dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, karena itu, perlu waspda dan selalu siap siaga, mengingat indonesia merupakan cincin pasifik dan kabupaten Lembata juga berada di dalam rangkaian cincin tersebut”. Demikian Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST., MT, saat memimpin Apel Siaga Bencana di pelataran Wulen Luo (Lokasi eks-Harnus), Lewoleba Kabupaten Lembata NusaTenggara Timur pada, Rabu, (11/11/2020).

Menurut Sunur, apel kesiapsiagaan bencana dilaksanakan guna meningkatkan kewaspadaan seluruh komponen baik itu pemerintah maupun masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana seperti kebakaran hutan, banjir, kenaikan permukaan air laut, angin puting beliung, gagal panen dan pandemi Covid 19 yang sedang melanda seantero dunia. Pemerintah Kabupaten Lembata sendiri memiliki komunitas yang tergabung dari berbagai elemen, yang memiliki kepekaan terdahap bencana yang disebut dengan Sahabat Tangguh bencana dan sero dalam menghadapi berbagai bencana yang dilanda kabupaten Lembata, tegas Ketua Golkar Lembata itu.

Sambungnya, perlu adanya edukasi kepada masyarakat hingga di pelososk desa terhadap ketangguhan masyarakat dalam membangun kesiapsiagaan bencana. Untuk itu, harus ditanamkan dalam diri, sehingga memiliki daya adaptasi yang tinggi terhadap bencana yang kapan bisa terjadi. mengingat Kabupaten Lembata menjadi salah satu daerah yang memiliki potensi terjadinya bencana yang cukup tinggi karena di Kabupaten Lembata memiliki 4 (empat) gunung berapi tipe A, jelas Sunur Bupati dua periode itu.

Diakhir sambutannya Ia meminta agar di era tatanan kehidupan baru di tengah masa pandemi Covid-19 ini. Kita perlu mempersiapkan langkah-langkah kesiapsiagaan kita terhadap bencana non alam ini dengan, pemulihan ekonomi, pengendalian dan pengawasan.

Sambungnya, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab kita bersama, mari kita bersama suma bersinergi menjaga Kobupaten Lembata yang sangat kita cintai ini, tutup Sunur yang mendapat penghargaan sebagai salah satu Pemimpin Inovatif itu.

Hadir dalam apel siaga tersebut Wakil Bupati Lembata Dr. Thomas Ola, SE., M.Si, Sekretaris Daerah Paskalis Ola Tapo Bali, M. AP., MT, Unsur Forkompinda, para Kepala Oganisasi Perangkat Daerah perwakilan jajaran TNI dan Polri serta relawan siaga bencana Kabupaten Lembata. (Tim Kominfo Lembata)