LAMBERT LENGARI : LOMBA MASAK SERBA IKAN, TUMBUHKAN MINAT MAKAN IKAN DAN CEGAH STUNTING

0
1090

Lewoleba, Dinas Perikanan Kabupaten Lembata menggelar Lomba Masak serba lkan Tingkat Kabupaten Lembata Tahun 2020, yang diikuti oleh seluruh Tim PKK se-Kecamatan Kabupaten Lembata. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Koperasi Angkara Lamahora, Kelurahan Lewoleba Timur, Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur, pada Senin (19/10/2020). 

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Lembata yang diwakili Sekretaris Dinas Perikanan, Lambertus Lengari, S.Pi.,M.M, mengatakan diadakan acara Iomba masak serba ikan ini bertujuan mendorong masyarakat untuk berminat mengkonsumsi ikan atau gemar makan ikan. Bahan pangan yang berasal dari ikan memiliki kaya akan gizi dan dapat mencegah stunting yang menjadi prioritas nasional dan daerah saat ini, ujar Lengari.

Diakhir sambutanya, Ia mengajak agar semua peserta dapat menjadi pelopor gerakan makan ikan dalam keluarga dan di sekitar lingkungan serta mampu menunjukan kreativitas dan inovasi yang dimiliki dalam kanca lomba di tingkat Provinsi nantinya, tutup Lengari.

Sementara itu dalam sambutan Ketua TP. PKK Kabupaten Lembata yang dibacakan oleh Sekretaris I TP. PKK Kabupaten Lembata Maria Katarina Nanek, mengatakan Sektor Kelautan dan Perikanan mempunyai peran dalam pembangunan nasional secara menyeluruh termasuk ketahanan pangan dan gizi nasional.

“Pangan dan gizi merupakan hal yang saling terkait dan saat ini menjadi isu nasional yang perlu mendapat perhatian seluruh bangsa. Kasus gizi ganda (kelebihan dan kekurangan gizi), stunting (bayi lahir pendek), dan lain-lain adalah beberapa kasus yang dihadapi bangsa Indonesia yang erat kaitannya dengan pemenuhan pangan dan gizi”, ujar Nanek.

Lanjutnya, Ikan merupakan sumber pangan yang bergizi dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat karena mudah diproduksi dalam berbagai skala, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Pendasaran itulah Pemerintah Pusat mencanangkan gerakan masyarakat makan ikan (Gemarikan), yang akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh pihak dan elemen masyarakat.

“Pencanangan Gemarikan ini sebagai rahim yang melahirkan masyarakat Indonesia yang kuat, sehat, cerdas dan berpenampilan prima sekaligus membangun karakter bangsa yakni mencerdaskan masyarakat secara fisik maupun mental”, jelas Nanek.

Tambahnya, melalui lomba Masak serba lkan dan kampanye gemar makan lkan di seluruh kabupaten /kota se-Provinsi NTT, Dinas Kelautan dan Perikanan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) berupaya untuk mcngembangkan Germarikan demi tercapainya masyarakat NTT yang sehat dan cerdas. Hal ini sejalan dengan Tema Lomba Masak Ikan di tingkat Kabupaten Lembata Tahun 2020 yakni : 

“Melalaui Lomba Masak Ikan Tingkat Kabupaten Lembata Tahun 2020 , Kita Tingkatkan Minat Masayarakt untuk Mengkomsumsi Ikan agar terbentuk masyarakat Lembata yang sehat dan cerdas demi Kesejahteraan Rakyat Berkelanjutan”, tutur Nanek.

Perlu disampaikan bahwa untuk Kabupaten Lembata kegiatan Gemarikan telah dilaksanakan melalui beberapa kegiatan Gemarikan dan Lomba Masak lkan di tingkat desa, kelurahan dan kecamatan. Tingkat Kabupaten Lembata baru dilaksanakan pada hari ini, yang melibatkan beberapa pihak antara lain Tim Penggerak PKK, perempuan petani nelayan, siswa/siswi SD/SLTP/SLTA, dan masyarakat umum.

Hadir dalam kegiatan itu Kepala Bidang Pengolahan, Pemasaran Produk Perikanan Kabupaten Lembata Martin Murin, SH, para Ketua TP. PKK Kecamatan dan para peserta Lomba. (Tim Kominfo Lembata)