SHANA FATINA: KULINER BERKUALITAS, PENUNJANG UTAMA PARIWISATA LEMBATA

Lewoleba, Produk kuliner yang layak dikomsumsi oleh masyarakat dan wisatawan harus terjamin kebersihan dalam pengolahan produk kuliner. Hal itulah menjadi nilai jual utama sebuah kuliner yang berada pada setiap tempat destinasi wisata, termasuk tempat Wisata Pantai Mingar. Demikian penyampaian Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Ibu Shana Fatina, saat menggelar pelatihan pengolahan makanan siap saji ikan asap dan abon ikan di Pantai Mingar Desa Pasir Putih, Kecamatan Nagawutung, Kabupaten Lembata, Jumad, (24/9/20).

Kegiatan pelatihan itu bertujuan agar para ibu rumah tangga yang berjualan di sekitar area wisata Desa Pasir Putih memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengolah produk kuliner yang berkualitas sebagai salah satu upaya menunjang pariwisata di Pantai Mingar Desa Pasir Putih Kabupaten Lembata, jelas Sahana.

“Saya sangat berharap agar peserta dapat menyerap ilmu yang diberikan, sehingga dapat mengembangkannya dalam menunjang pariwisata Lembata terutama di Pantai Mingar dan untuk Kabupaten Lembata Sendiri kami akan terus melakukan kegiatan yang serupa dimasa yang akan datang”, ujar Shana.

Lanjutnya, kegiatan ini juga mendorong seluruh peserta untuk memanfaatkan program – program pelatihan guna meningkatkan kompetensi dan memperkuat keterampilan yang sudah ada guna menambah penghasilan keluarga.

Dipengujung sambutannya Direktur Utama BOPLBF Shana Fatina menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata, dalam hal ini Dinas Pariwisata, Pemerintah Desa Pasir Putih dan masyarakat desa, yang telah bekerja sama dan pelaku usaha di bidang kuliner di wisata Pantai Mingar ini, tutup Shana.

Sementara itu, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lembata Apolonaris Mayan, mengucapkan terima kasih kepada Direktur Utama BOLBF dan Rombongan yang telah meluangkan waktu untuk datang serta memberikan pelatihan pengolahan makanan siap saji kepada masyarakat Lembata terkhusus di Desa Pasir Putih ini.

“Terima kasih kepada Direktur BOLBF, karena terus memberikan perhatian serius terhadap pengembangan pariwisata di kabupaten Lembata guna pengembangan pariwisata NTT”, ungkap Apol.

Lanjut Apol di tengah covid ini banyak hal yang harus kita lakukan dan terus berjuang guna kelangsungan pariwisata. Untuk itu, wisata Pantai Mingar merupakan salah satu simpul ekonomi pariwisata yang ada di Kabupaten Lembata.

Hadir dalam kegiatan pelatihan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Lembata Ny. Yuni Damayanti,S.E. peserta pelatihan sebanyak 30 orang, dan Chef Michael sebagai narasumber yang memberikan pelatihan pengolahan ikan asap dan abon ikan. (Tim Kominfo)