YUNI DAMAYANTI : KADER PKK ADALAH PRAJURIT PEMBANGUNAN DI TENGAH KELUARGA

Lewoleba, Tim penggerak PKK Kabupaten Lembata merupakan mitra kerja pemerintah, memiliki tujuan yang sama untuk membangun dan memberdayakan masyarakat. Organisasi ini memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan kesejahteraan keluarga melalui kadernya. Demikian Penyampaian Ketua TP PKK Kabupaten Lembata Ny. Yuni Damayanti, SE, ketika membuka kegiatan Jambore Kader PKK Tingkat Kecamatan Lebatukan Tahun 2020 di Aula Kantor Camat Lebatukan Kabupaten Lembata, Selasa (22/9/20).

Menurut Damayanti, kegiatan jambore ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan serta wawasan kader dalam memberdayakan masyarakat untuk masa depan yang berkualitas. “Kita semua adalah prajurit-prajurit pembangunan yang berada di tengah keluarga, yang harus diawali dari keluarga dulu baru dapat kita lakukan untuk orang lain”, tegas istri orang nomor satu kabupaten Lembata itu.

Sambungnya, PKK harus selalu bersinergi dengan pemerintah dan mendukung program-program yang dilakukan oleh pemerintah dalam mensejahterakan masyarakat. “Salah satu program Pemerintah Kabupaten Lembata adalah Desa Cepat Tumbuh. Ini berarti PKK harus berperan aktif dalam memberikan kontribusi, dengan menggunakan hasil atau kekayaan seperti hasil kerajinan, pengelolaan makanan dan minuman lokal serta tenun ikat untuk terwujudnya desa cepat tumbuh “, jelas Damayanti.

Ia juga berharap kepada seluruh kader PKK dan peserta jambore agar kegiatan ini dapat menumbuhkan solidaritas yang tinggi antar kader PKK dan masyarakat. Menurutnya melalui kegiatan ini kader PKK akan memiliki militansi organisasi maupun individu dalam mewujudkan keluarga sejahtera.

Dipengujung sambutan Damayanti, menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada segenap kader PPK di tingkat Kecamatan dan desa yang telah mengabdikan diri untuk kesejahteraan keluarga dan masyarakat . “Zaman sekarang perempuan tidak boleh merasa diri lemah, karena hanya perempuanlah yang dapat mengerjakan banyak pekerjaan sekaligus. Sambungnya, jadikan kegiatan ini sebagai wadah memupuk kebersamaan dan ajang silaturahmi, saling berbagi pengalaman sekaligus sebagai ajang untuk meningkatkan kemampuan pada setiap kader. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan persahabatan antar kader sehingga dapat saling memotivasi, tutup Damayanti.

Sementara itu, Camat Lebatukan Piter Ruing, mengatakan kegiatan Jambore ini merupakan program tahunan tim penggerak PKK. Namun kegiatan ini sempat terhenti, dan baru kembali lagi digagas, dan kecamatan Lebatukan menjadi start awal kegiatan jambore di 9 (sembilan) kecamatan yang berada di kabupaten Lembata, jelasnya.

Ditambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten dan provinsi kemudian ke tingkat nasional yang bertujuan untuk menghimpun para Kader PKK yang ada di setiap desa dan sekaligus apresiasi dan penghargaan terhadap para kader yang memiliki daya juang untuk mengembangkan PKK desa, jelas Piter.

Ibu Lita salah satu peserta Jambore Kader PKK dari Desa Lamatuka dan Ibu Densi dari Desa Tapobaran ketika diwawancara Tim Redaksi Kominfo, mengatakan sangat senang mengikuti kegaitan ini, karena sangat bermanfaat bagi kami untuk dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi. Mereka berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan tidak berhenti untuk di Tahun 2020 saja.

Perlu ketahui bersama kegiatan Jambore dilaksanakan secara meriah dengan menerapkan protokol kesehatan. Panitia Jambore menyelenggarakan 5 (Lima) mata lomba yang dilombakan, yakni Pidato bertema “Pengembangan Program PKK Melalui Gerakan Dasawisma”, Penyuluhan Pokja I dengan tema “Perlindungan Hak Anak”, Pokja II “Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga” dan Pokja IV melakukan praktek pengisian format data kunjungan rumah untuk bayi 0-30 hari serta pembagian masker kepada ketua tim TP. PKK desa oleh ketua TP. PKK Kabupaten.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua PKK Kecamatan Ny. Ni Luh M. Sherllywiyanti, S.Kep, Ners, seluruh kepala desa se-Kecamatan Lebatukan, ketua dan anggota PKK desa dan kader Posyandu. (Tim Kominfo Lembata)