Lewoleba, Pemerintah Kabupaten Lembata kembali menggelar acara Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Penjabat Kepala Desa (Kades) Leworaja. Kegiatan dilaksanakan di halaman depan Kantor Desa Leworaja, Kecamatan Wulandoni, Kabupaten Lembata pada, Rabu, (9/9/20).

Penjabat Kepala Desa yang dilantik berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lembata Nomor 350 Tahun 2020, tentang Pemberhentian Kepala Desa/ Penjabat Kepala Desa dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa Leworaja Kecamatan Wulandoni Kabupaten Lembata. Memberhentikan Kepala Desa Leworaja, Hadi Kasim Periode 2014 – 2020, dan mengangkat Penjabat Kepala Desa Leworaja, Resi Doni.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST.,M.T, yang disaksikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Lembata, para Pimpinan OPD Lingkup Pemkab Lembata, Camat Wulandoni, para Kepala Desa se-Kecamatan Wulandoni, para tokoh agama, adat dan masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Camat Wulandoni Fransiskus Dangku, dalam laporannya mengatakan bahwa pertumbuhan perekonamian di Kecamatan Wulandoni sempat terjadi penurunan yang diakibatkan Covid-19. Ketika diterapkan new normal pertumbuhan perekonomian pun mulai bergerak sehingga telah berdampak pada kesejahteraan masyarakat Kecamatan Wulandoni.

Sementara itu Bupati Yentji Sunur dalam sambutan berpesan kepada penjabat kepala desa yang baru agar dapat bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugasnya serta jadikan undang-undang sebagai landasan utama. Sebagai unsur pemerintah tentu harus selalu bekerjasama bersama perangkat desa, masyarakat dan Badan Permusywaratan Desa (BPD) dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, harap Sunur.

Lanjutnya, selain bekerjasama penjabat kepala desa juga harus memfokuskan kinerja terhadap penanganan, pengendalian dan pemulihan ekonomi di tengah masyarakat. Untuk itu, “penggunaan dana desa harus mengutamakan pemberdayaan masyarakat dibandingkan dengan infrastruktur. Jika ada infrastruktur, maka infrastruktur itu harus mendukung aksebilitas strategis desa”, tegas Sunur.

Tambahnya, penjabat kepala desa harus dapat menjalankan seluruh prosedur dan mekanisme pengelolaan keuangan desa yang efektif, transparan dan mampu menggalakan pemberdayaan seluruh komponen di desa sehingga terwujud kemandirian desa, jelas Ketua Golkar Lembata itu.

Diakhir sambutannya Bupati mengharapkan agar kepala Desa yang lama dapat membantu Penjabat Kepala Desa yang baru, sehingga apa yang menjadi branding desa dan juga kabupaten dapat dijalankan sesuai visi dan misi kabupaten. tutup Sunur.

Perlu diketahui bersama, selain melantik penjabat Kepala Desa Leworaja, Bupati Sunur beserta rombongan juga mengunjungi pasar tradisonal Desa Leworaja, dan membeli dagangan masyarakat yang ada di pasar tersebut. (Tim Kominfo Lembata)