BUPATI SUNUR, AKAN TINDAK TEGAS BILA TIDAK MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI PASAR

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur,ST., MT meminta masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan saat sedang berbelanja di pasar. Meskipun aktivitas di pasar sudah mulai normal, tetapi perlu adanya pengawasan dan pengendalian.

Bupati Sunur yang didampingi Ketua TP. PKK Kabupaten Yuni Damayanti, SE, meminta agar pemerintah kecamatan hingga desa segera membentuk badan pengawas, yang ditugaskan khusus untuk mengendalikan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat umum seperti pasar. Paparnya saat memantau persiapan penerapan tatanan hidup baru pasca pandemi di Pasar Hadakewa, Kecamatan Lebatukan, Kabupaten Lembata pada, Sabtu (6/6/2020).

la pun menuturkan akan menindak tegas jika para pedagang dan pengunjung pasar yang datang tidak mengindahkan protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan semata untuk kebaikan bersama dan kebaikan masyarakat Lembata guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 ini.

“Jika masyarakat membandel dengan aturan protokol kesehatan yang telah ditentukan, maka saya tidak akan segan untuk menutup aktivitas pasar. Juga tidak menginjinkan para pedagang dan pengunjung untuk melakukan aktivitas jual beli jika tidak menggunakan masker” tegas Sunur.

Suasana Pasar Hadakewa, Sabtu, 06 Juni 2020

Menurutnya protokol kesehatan yang perlu diterapkan di pasar di antaranya penggunaan masker bagi para pengunjung, cuci tangan sebelum belanja, cek suhu tubuh, dan tidak berdesak-desakan, jelas Sunur.

Sementara itu Camat Lebatukan Piter Ruing, menambahkan pemerintah kecamatan selalu memberikan himbauan terkait protokol kesehatan kepada para pedagang dan pengujung di pasar Hadakewa.

“Kami selalu mengimbau pengunjung dan pedagang untuk mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak, cuci tangan dan menggunakan masker,” ungkapnya.

Tambah Piter, pemerintah kecamatan dan tim petugas gugus tugas sampai ke tingkat desa bekerja sama dan selalu imbau warga agar. Hal itu dilakukan agar penerapan bisa berjalan optimal.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri oleh Asisten III Sekda, Wens Pukan, Kadis Kominfo Markus Labi, Plt. Kadis PUPR Petrus Pote, Kadis Koperindag Gabriel B. Warat dan Kasat Pol PP Markus L. Udak.

Untuk diketahui, Camat Lebatukan juga membagi 400 masker kepada pedagang dan pengunjung dalam kunjungan Bupati Lembata ke pasar Hadakewa. (Tim Kominfo/ VT)