BLUSUKAN KE PASAR, BUPATI LEMBATA MINTA WARGA TERAPKAN SOCIAL DISTANCING

0
1270
Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur ST., MT., melihat-lihat dagangan masyarakat di Pasar Balauring Rabu (29/4/20) pagi

BLUSUKAN KE PASAR, BUPATI LEMBATA MINTA WARGA TERAPKAN SOCIAL DISTANCING

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur ST., MT., melihat-lihat dagangan masyarakat di Pasar Balauring Rabu (29/4/20) pagi.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur ST, MT, mengimbau warga mematuhi protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan transmisi lokal virus corona (covid-19) di Kabupaten Lembata secara umumnya dan di Kecamatan Omesuri secara khususnya. Sambil melihat-lihat dagangan masyarakat, Sunur juga mengingatkan, warga di Pasar Balauring agar selalu menerapkan protokol kesehatan, Rabu (29/4/20) pagi.

Sunur yang juga ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata menyampaikan, bahwa masyarakat penjual secara sadar telah menjalankan protokol kesehatan yang disosialisasikan oleh tim gugus percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Lembata, tuturnya.

“Kita lihat saja warga pedagang dan pembeli di sini sudah mengenakan masker, meskipun ada yang sengaja dilepas karena pengap. Tapi apapun alasannya, tetap mengenakan masker untuk melindungi diri dari kontaminasi virus corona jauh lebih penting,” kata Sunur.

Lebih lanjut, Bupati Sunur yang didampingi oleh ketua T.P PPK Kabupaten Ibu Yuni Damayanti, SE mengatakan bahwa “protokol kesehatan itu sudah diberlakukan di pasar”, tegasnya. Masyarakat  sendiri sadar dan menaati protokol kesehatan yang kita umumkan dengan pengeras suara, orang nomor satu di Kabupaten Lembata itu meminta warga menerapkan sosial distancing, mereka juga menerapkannya dalam proses jual beli di pasar, kata Sunur. Terkait hal tersebut, Sunur bersama rombongan terjun langsung untuk melihat sejauh mana penerapan protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten di tengah masyarakat terkhusus pada tempat-tempat ramai seperti ini, ungkapnya.

Selain itu Sunur juga berharap, agar semua pasar yang ada di kabupaten ini, dapat menerapkan protokol kesehatan dalam proses jual beli. Sehingga target kita di bualn Mei mendatang seluruh pasar yang ada di kabupaten kita ini, baik mingguan maupun harian dapat berjalan sebagaimana mestinya, harap Sunur. “Jika seluruh pasar sudah berjalan normal, tentu perekonomian masyarakat dengan sendirinya akan kembali normal bahkan meningkat”, ujar Sunur.

Berdasarkan pantauan tim kominfo, Blusukan yang dilakukan orang nomor satu di pasar Balauring pagi tadi, beliau didampingi oleh para pimpinan OPD lingkup Pemkab Lembata.  Selain itu, para pimpinan OPD juga diminta agar semuanya wajib membeli dagangan masyarakat yang dipajang di badan jalan pasar Balauring tersebut.

Himbauan pencegahan penyebaran  Covid 19, juga dilakukan oleh tim gugus tugas kabupaten dengan pengeras suara milik Dinas Kominfo di tengah hiruk pikuk suasan pasar pagi tadi. Ini merupakan bukti bahwa pemerintah daerah siap dan tegas menghadang Covid-19 di Kabupaten Lembata. (Tim Kominfo)