CEGAH CORONA, JANES HIMBAU SHOLAT TARAWIH DI RUMAH

0
829

CEGAH CORONA, JANES HIMBAU SHOLAT TARAWIH DI RUMAH

 

Tim gabungan terdiri dari unsur Kepolisian Resort Lembata, Koramil 1624-03 Lewoleba dan Dinas Kominfo Lembata bersama melakukan patroli dan calling di beberapa titik dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19 Senin malam (27/4/2020)

    Lewoleba, umat muslim diminta melakukan sholat tarawih di rumah masing-masing selama pandemi corona, dan patuh terhadap himbaun Pemerintah, demikian penyampaian Kapolres Lembata AKBP. Janes Simamora melalui Kabag OPS AKP Martinus Arjon, ketika memimpin apel gabungan gelar patroli malam di halaman depan kantor Polres Lembata pada, Senin malam (27/4/2020).

Tim gabungan terdiri dari unsur Kepolisian Resort Lembata, Koramil 1624-03 Lewoleba dan Dinas Kominfo Lembata  bersama melakukan patroli dan calling di beberapa titik dalam rangka pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19.

Menurut Kapolres Lembata bahwa gelar siaga tarawih bertujaun untuk mengingatkan masyarakat agar patuh terhadap himbauan pemerintah tentang pencegahan penyebaran Covid-19 yang menimpah seantero dunia, katanya. “Dalam Kegiatan ini kita tetap mendepankan upaya preventif”, dengan menghimbau kepada masyarakat yang sedang melakukan puasa di bulan ramadhan ini agar tetap melakukannya dengan baik dan selalu mematuh protokol kesehatan” ungkapnya.

Selain itu, tim gabungan juga menghimbau kepada masyarakat muslim agar melakukan sholat tarawih sebaiknya di rumah, ujar Ardjon. Tambahnya, “Kita juga menghimbau agar masyarakat Lembata tidak mudik baik itu, yang keluar Lembata maupun yang datang ke Lembata, pintanya.

Patroli ketupat ini merupakan patroli kedua yang dilakukan oleh tim gabungan dari jajaran Polri & TNI. Sebelumnya juga telah dilakukan patroli aman nusa dua pada bulan yang lalu, tutur Arjdon. Lanjutnya, “saat melakukan patroli dan calling kita selalu mengutamakan rasa nyaman dan memberi perlindungan kepada masyarakat, tuturnya. Lebih Ianjut, dalam patroli tersebut, pihaknya tak henti-hentinya terus memberikan himbauan kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran Covid-19 dan bersama mendukung upaya pencegahan wabah virus Covid-19 di kabupaten yang kita cintai ini.

Tak hanya itu, tambah Arjdon, tim gabungan ini juga mengajak masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh serta melakukan physical distancing dan mengurangi aktivitas di luar rumah serta tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian.

“Kami himbau kepada warga untuk bersama mengambil peran dalam mencegah penyebaran virus Covid-19, karena ini juga demi kebaikan kita bersama. Bahwa virus itu diam, sesungguhnya yang memindahkan adalah manusia. Dengan kita mematuhi arahan pemerintah dengan tidak beraktivitas di luar rumah, maka dengan sendirinya virus akan diam dan hilang karena tidak berpindah lagi,” katanya.

Dirinya berharap, jangan menunggu sampai terjadi wabah yang Iebih luas, Iebih baik, kita bersama sama mencegah dengan melaksanakan protokol yang telah ditetapkan pemerintah. “Kami pihak Kepolisian tidak akan bosan selalu mengajak, menghimbau demi keselamatan masyarakat seluruhnya sesuai maklumat Kapolri,“ tegasnya.

Berdasarkan pantauan tim Kominfo Lembata, tim gabungan mulai bergerak dari kantor Polres menyisir masjid-masjid yang berada di seputaran kota Lewoleba sebanyak 6 (enam) masjid. Masjid Desa Pada menjadi bidikan pertama dan berakhir pada masjid Lamahora. (Tim Kominfo Lembata)