PEDULI TENAGA MEDIS LSM LEMBATA SIAPKAN PELINDUNG WAJAH

 

Pembuatan Pelindung Wajah Sederhana di Posko Relawan Covid-19 (Foto Dok.Kominfo Lembata)

    Lewoleba, Peduli kepada petugas kesehatan di Lembata  Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) membuat Alat Pelindung Diri (APD), demikian  Ketua Relawan Covid-19 Lembata Pito Keraf ketika ditemui Tim Kominfo  di Sekretariat Relawan Covid-19 Lembata yang beralamat di Lorong Sengsara Kelurahan Lewoleba Barat, Jumat (03/04/2020).

Sebagai upaya preventif penyebaran Covic-19 di Lembata, Forum Pencegahan Resiko Bencana (FPRB) membentuk sebuah tim relawan yang bekerjasama dengan Kwaran Nubatukan, IKIPLI, Gempita, Sekolah Pantai, Kla Jogja, Pramuka Sakawirakartika, Rumah Belajar, Plan Indonesia, CIS Timor dan YBS, membuat perlindungan wajah (face shield).

Menurut Pito, purwarupa atau pelindung wajah ini diperuntuhkan untuk para tenaga medis yang berhubungan langsung dengan pasien covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lewoleba dan semua Puskesmas yang berada di Kabupaten Lembata.

Ditambahkan bahwa pelindung wajah digunakan untuk melindungi tenaga medis dari percikan cairan maupun hembusan nafas secara langsung dari pasien pengidap covid-19. Purwarupa ini juga berguna bagi para tenaga mediis atau pun non medis  yang berhadapan langsung dengan barang-barang yang membahayakan bagi tubuh terutama muka, ucapnya.

Terbuat dari Plastik Bening

APD ini materialnya dibuat dari plastik bening yang dapat melihat dengan baik. Selain itu, pelindung muka ini menggunakan karet gelang yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala dan nyaman pada bagian dahi. Pembuatan APD ini juga mengacu pada standar WHO. Sebaiknya purwarupa dibuat yang anti kabut dan mampu menutup keseluruhan sisi wajah. “Jika seperti itu, maka bisa dipakai lebih lama, karena bisa dibersihkan, tapi bisa juga sekali pakai saja, ujarnya.

Target yang akan diproduksi mencapai 10.000 Buah

Tim Relawan covid-19 menargetkan  sebanyak 10.000 (sepuluh ribu) buah dan akan dibagikan kepada seluruh tim medis yang ada di Kabupaten Lembata. “Sejak tanggal (1 April 2020), kami sudah mendistribusikan sebanyak 30 (tiga puluh) buah ke petugas kesehatan, dan pada tanggal 02 April 2020 ada permintaan tambahan sebanyak 30 (tiga puluh) buah. Hingga saat ini yang sudah diproduksi sebanyak enam ratus empat puluh dua (642) buah dan siap untuk didistribusikan ke beberapa puskesmas yang berada di kecamatan, tuturnya.

Diakhir wawancara, Pito yang juga adalah seorang aktivis Pemuda Katolik mengharapkan uluran tangan dari setiap donasi yang ingin membantu dan mendukung kegiatan dimaksud. Ditambahkan juga bahwa “Kami siap membantu dan mendukung Pemerintah Daerah dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di kabupaten yang kita cintai ini, tutur sang Ketua Pemuda Katolik Komisariat Nubatukan.

Bupati Lembata, Eliaser Yetji Sunur, S.T, M.T mengapresiasi  segala ide krartif dan kepedulian sosial dari Lembaga Sosial guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lembata yang kita cintai bersama.  (Kominfo LBT)