TANGGAP WABAH COVID-19 DESA LAMATUKA LAKUKAN 5  LANGKAH

0
1209

TANGGAP WABAH COVID-19

DESA LAMATUKA LAKUKAN 5  LANGKAH

    Lewoleba, Pemerintah Desa Lamatuka dalam rangka “Tanggap Wabah Covid-19 akan melakukan sosialisasi dan seremonial adat tolak bala serta beberapa kegiatan lainnya, demikian penyampaian Kepala Desa Lamatuka Kletus Belide Lasar dalam rapat terbatas yang dihadiri BPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat dalam mencegah  penyebaran virus  berbahaya itu di Desa Lamatuka Sabtu (21/03/2020).

    Virus Corona atau Corona virus deases (Covid-19) adalah keluarga virus yang menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah  seperti sindrom pernafasan akut (SARS) dan sindrom pernafasan Timur Tengah (MERS).

Dalam rangka mengantisipasi dan pencegahan penyebaran wabah virus corona atau covid-19, Pemerintah Desa Lamatuka melakukan  5 (lima) kebijakan yakni melakukan  sosialisasi, seremonial adat “tolak bala” (lele lewo), pembatasan keluar masuk masyarakat dengan menerapkan sistem satu pintu, pengadaan Alat Pelindung Diri untuk para medis dan masyarakat  dan pembetukan Posko relawan Covid-19 desa, tutur Kletus.

Sosialisasi menurutnya dilakukan  dalam bentuk  himbauan kepada masyarakat setiap hari melalui calling dari kantor desa. Materi sosialisasi terkait bahaya Virus Corona, cara penularan dan cara menghindari virus corona.  Ditambahkan bahwa pada tanggal 23 Maret 2020  Pemerintah Desa bersama  pemangku ulayat, pemangku adat dan seluruh masyarakat Desa Lamatuka melakukan  seremonial tolak bala (lele Lewo) untuk meminta restu leluhur dan lewotana agar terhindar dari terjangkitnya virus corona yang mematikan ini.

Masih terkait pengadaan APD akan dilakukan dalam waktu dekat mengingat perlu mendengar kejelasan dari Pemerintah tingkat atas, sedangkan pembentukan posko telah dilakukan oleh aparat Perlindungan Masyarakat (Linmas) desa  dan relawan corona desa. Posko tersebut untuk mengawasi aktivitas keluar masuk masyarakat Desa Lamatuka sendiri maupun warga luar dengan menerapkan sistem satu pintu, katanya dengan nada optimis.

Bapak Berni Tukan salah satu warga Desa Lamatuka, ketika ditanya 5 (lima) langkah Kepala Desa terkait pelaksanaan ‘Tanggap Wabah Corona” di Desa Lamatuka  menyatakan sangat mengapresiasi kebijakan itu dan berharap dengan kekuatan leluhur dan lewotana, Pemerintah Desa dan masyarakat bersatu untuk menghadang corona agar tidak menyebar di  Desa Lamatuka yang kita cintai bersama. (Kominfo Lembata)