Pelaksanaan cerdas cermat dalam mengisi kegiatan Pesta Paduan Suara Gerejani (PESPARANI ) tingkat Kabupaten Lembata saat ini dilaksanakan berasar pada petunjuk teknis ( Juknis) dari pemerintah pusat.
Koordinator kegiatan Cerdas cermat Ibu Contansia Karmelitas di Aula Dekenat membeberkan, sesuai juknis peserta Cerdas Cermat PESPARANI wajib mengikuti 2 babak pelaksanaan yakni babak pertanyaan wajib dan pertanyaan rebutan. Ia merincikan dalam pertanyaan wajib peserta wajib untuk merangkai kata kata yang dsusun secara acak dari panitia, melengkapi kalimat yang kurang, aksara bermakna dan melacak kitab suci, jelasnya.

Ia melanjutkan untuk kegiatan PESPARANI Tingkat Kabupaten 2 Tahun 2019 anak-anak diikut sertakan dengan membawakan perlombaan tutur kitab suci dan lomba Mazmur dalam 4 kategori yakni mazmur remaja yang diikuti 16 PAROKI, mazmur anak anak diikuti 14 PAROKI, mazmur OMK diikuti 13 PAROKI dan mazmur dewasa diikuti 15 PAROKI.

Walaupun jalannya pelaksanaan lomba cerdas cermat sesuai juknis dari pemerintah pusat namun peserta lomba antusias dan mampu mengikuti materi lomba secara baik sesuai materi yang dipersiapkan oleh panitia penyelenggara.

“Persiapan kami sangat kasip tapi apa yang kami upayakan sangat maksimal dan saat ini kami bisa menjuarai lomba cerdas cermat tingkat Kabupaten ini”, kata Felixita Daten Hoaratan juru bicara tim MPA Aliuroba usai pelaksanaan lomba di Aula Dekenat Lembata. M.Molan (Kominfo)