MEJELANG HUT RI KE-74 WAKIL BUPATI BESERTA PIMPINAN SKPD ANJANGSANA KE LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS III LEMBATA

0
503

Menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74, Kemerdekaan Republik Indonesia. Wakil Bupati Kabupaten Lembata DR. Thomas Ola, SE.M.Si bersama Para Pimpinan SKPD melakukan anjangsana ke Lembaga Pemesyarakatan Kelas III Lembata, Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata, pada Kamis, (15/8/19). Hal ini bertujuan untuk melihat secara langsung situasi dan kondisi Lembaga Pemasyarakatan kelas III ini, serta memberikan bantuan sembakau berbentuk barang. Wakil Bupati beserta rombongan tiba di Lapas dan disambut langsung oleh Kepala Lapas Andy Mulyadi, Dip.IP.S.IP, dengan upacara penyambutan yang ditandai dengan pengalungan selendang pada Wakil Bupati. 

Wakil Bupati Lembata DR. Thomas Ola, SE.M.Si, saat memberikan bantuan sembakau berbentuk barang kepada seorang perwakilan Warga Binaan Lapas Kelas III Lembata Kamis, (15/8/19) dok. Yan

Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas III Lembata Andy Mulyadi, IP.S.IP, menyampaikan ucapan terima kasih atas kunjungan Bapak Wabub bersama rombongan, ia meminta agar kedepannya silaturahmi ini terus terjalin tiap bulannya. Dengan kunjungan demikian tentu dapat memberi motivasi dan semangat besar bagi warga binaan yang berada di Lapas ini, tandasnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwa jumlah petugas lapas ada (19 orang) petugas lama, dan pada tahun 2019 ini, terdapat tambahan petugas sebanyak (28 orang) yang baru saja Lulus (CPNS). Untuk itu total keseluruhan jumlah petugas lapas menjadi (47 orang) saat ini. Sedangkan untuk warga binaan sampai saat ini, berjumlah (107 orang), dari jumlah tersebut didominasi oleh kasus Asusila atau Perlindungan Anak.

Dengan jumlah petugas yang terbatas tidak menutup semangat para petugas untuk tetap memberikan bimbingan dan pelatihan ketrampilan kepada warga binaan selama berada di Lapas ini. Untuk itu tidak sedikit hasil karya maupun buah karya dari warga binaan yang telah dipasarkan kepada masyarakat lembata, tuturnya.

Anjangsana ke Lembaga Pemasyarakatan kelas III Lembata, dalam rangka menjelang perayaan Proklamasi Kemerdekaan RI, dalam sambutan Wakil Bupati Lembata DR. Thomas Ola, SE.M.Si, mengatakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati Hari proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun 2019, salah satunya melaksanakan anjangsana ke berbagai tempat Sosial Kemasyarakatan, baik itu Panti Asuhan, Panti Jompo maupun Lembaga Pemasyarakatan.

Dengan kegiatan anjangsana yang kita lakukan ini selain untuk mengucapkan rasa syukur atas anugerah kemerdekaan yang kita miliki juga sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Lembata kepada warganya. Oleh karena itu, ini merupakan keinginan yang besar yang harus kita lakukan, karena bagi Thomas walaupun secara fisik tidak berada disini, tapi doa selalu kami panjatkan, agar semua warga binaan yang berada di sini selalu sehat, ungkapnya.

Para Pimpinan SKPD dan 107 Orang Warga Binaan yang Menyaksikan dan Mengikuti Kegiata Anjangsana  di Halaman Lapas Kamis, (15/8/19) dok. Yan

Lanjutnya. walaupu secara fisik ruang gerak kita terbatas tetapi buah pikiran, buah karya dengan keterampilan tidak bisa dibatasi oleh ruang dan waktu. Banyak hasil-hasil kerajinan tangan warga binaan telah memberikan kontribusi yang begitu besar untuk visi misi Lembata yang porduktif dan berdaya saing menuju Lembata sejahtera yang berkelanjutan.  Jangan melihat hasil karya yang sedkit dan kecil tetapi melihatlah dampak bagi masyarakat lembata sangat besar, karena belum tentu hasil karya yang ada disini bisa dilakukan mereka yang bebas di luar sana, tegasnya.

Diakhir sambutannya, ia berpesan kepada para warga binaan lapas agar bertekad dan berkomitmen menjadi warga yang baik dan berjanji tidak mengulangi kesalahan terdahulu sehingga nantinya pada saat bebas bisa kembali ke masyarakat dengan jiwa yang bersih dan siap menjadi warga yang baik. Jadikan dosa atau kesalahan itu sebagai kaca spion langkah kita, ketika berada di tengah- tengah keluarga dan masyarakat.

Selain itu pula ia meminta, agar para warga binaan bisa menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan Lapas, bersama para petugas hendaknya saling bahu membahu, tolong menolong agar proses pembinaan yang dijalankan bisa sukses dan berjalan dengan baik. Serta mendoakan pemerintah agar selalu berjalan lurus yang berdampak pada kesejahteraan masyarakat lembata itu sendiri, dan profisiat juga disampaikan beliau kepada warga binaan yang tahun ini mendapat remisi masa tahanan di Lapas Kelas III Lembata ini, yang berkenan dengan HUT RI, tutupnya. (Yan Moruk /Kominfo Lembata)