70 PASKIBRA DIKUKUHKAN OLEH BUPATI LEMBATA

0
544

70 PASKIBRA DIKUKUHKAN OLEH BUPATI LEMBATA

Kalian Ujung Tombak Dalam Pembangunan Persatuan Bangsa, Serta Menjadi Pioner-Pioner yang Membangkitkan Semangat Nasionalisme dan Patriotisme di Kalangan Generasi Muda

Pasukan Pengibar Bendera (PASKIBRA) Kabupaten Lembata tahun 2019 sebanyak 70 (tujuh puluh) orang dikukuhkan oleh Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST.MT, di Halaman Taman Kota Lewoleba, Kamis (15/8/19). Pengukuhan anggota PASKIBRA ini disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Lembata DR. Thomas Ola, SE,M.Si, Plt. Sekda Anthanasius Aur Amuntoda, SE.MM, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan SKPD dan Seluruh ASN Lingkup Pemkab Lembata serta para orang tua masing-masing anggota Paskibra.

Berbagai persiapan telah dilakukan selama sebulan terakhir, khususnya bagi para anggota PASKIBRA yang nantinya akan bertugas mengawal dan mengibarkan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT ke-74 RI. Dipimpin langsung oleh Bupati Lembata, pengukuhan anggota PASKIBRA ini berlangsung dengan lancar dan khidmat.

Dalam amanat Bupati Lembata, mengucapkan selamat kepada seluruh anggota PASKIBRA Kabupaten Lembata yang telah dikukuhkan. Saya atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat lembata mengucapkan selamat kepada anggota PASKIBRA yang terpilih pada tahun 2019 ini, menjadi seorang anggota PASKIBRA punya modal yang besar untuk menjadi orang yang sukses di masa depan, karena, tidak banyak anak muda memiliki kesempatan seperti ini, ucapnya.

Bupati juga berpesan, agar anggota PASKIBRA melakukan hal yang terbaik. Ia percaya, bahwa latihan yang sudah dilakukan, akan membawa kesuksesan pada pelaksanaan upacara memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke- 74 Tahun RI di Kabupaten Lembata Sabtu ini. Oleh karena itu, saya minta dilaksanakan dengan baik. Kalian harus bersyukur sudah diberi kesempatan dan terpilih untuk memantapkan jati diri kalian, ujarnya.

Untuk itu Saya berharap, agar kebiasaan baik ini kalian teruskan sekalipun nanti sudah tidak menjadi pasukan lagi. Terapkan dikehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang mampu membantu menggapai cita-cita kalian. Kalian harus mampu menunjukan diri sebagai pelajar yang berprestasi, berdisiplin dan bermoral karena kalian adalah ujung tombak dalam pembangunan persatuan bangsa, serta menjadi pioner-pioner yang mampu membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme di kalangan generasi muda, ujarnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih dan pembina, atas kerja kerasnya sehingga mereka siap semuanya. Demikian pula, kepada kepala sekolah dan guru serta orang tua juga diucapkan terima kasih atas dukungannya dalam mengirimkan anak-anaknya untuk berkesempatan menjadi pasukan pengibar bendera. Terus dibina anak-anaknya sehingga kelak menjadi orang penting dan berguna bagi bangsa dan kabupaten yang kita cintai ini, pintanya.

Pengukuhan ini dilanjutkan dengan pengucapan janji PASKIBRA dan penyematan kepada perwakilan paskibra Kabupaten Lembata. Anggota PASKIBRA juga memberikan penghormatan kepada bendera Sang Merah Putih dan mencium ujungnya dengan suasana yang hening diiringi lagu nasional serta pembacaan puisi nasionalisme.

Diakhir kegiatan pengukuhan ini dilanjuti dengan pembakaran seribu lilin yang berbentuk angka tujuh puluh empat (74), sebagai bentuk permohonan dan restu Tuhan dan Leluhur Lewotanah, dalam upacara memperingati HUT ke-74 RI yang akan berlangsung pada taggal 17 Agustus nantinya. Pembakaran seribu lilin ini juga sebagai bentuk penghormatan akan para pejuang yang telah gugur di medan perang terkhusus para Pejuang Kabupaten Lembata ini. (Yan Moruk/ Kominfo Lembata)