Kegiatan Rencana Induk Pengembangan e-government yang dibuka secara resmi oleh staf ahli bupati Bapak Siprianus Meruk. Kegiatan yang diselenggarakan pada ruang rapat Bupati Lembata, Selasa (9/7/19). Dalam kegiatan yang dihadiri oleh direktur CV.Berani Usaha Mandiri, Drs.Dendi Abubakar Rachman, MM  selaku narasumber dan para pimpinan OPD Lingkup Pemkab Lembata.

Dalam sambutan kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata Markus Labi Waleng, mengucapkan limpah terima kasih yang mendalam kepada seluruh pimpinan OPD yang hadir mengikuti kegiatan ini. Untuk itu saya sangat membutuhkan dukungan berupa masukan-masukan yang konstriktif guna melengkapi Rencana Induk Pengembangan e-government ini, tuturnya.

Dalam PerpRes Nomor 95 Tahun 2018 Tentang “System Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE)”. Dalam upaya mengsinkronisasikannya Dinas Komunikasi dan Informatika memberikan pelatihan kepada para operator disetiap OPD guna menyamakan persepsi dalam pengelolaan System Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE). Sehingga di tahun 2020 nantinya semua OPD di Kabupaten Lembata dapat mengakses aplikasi Tata Kelola Berbasis Elektronik ini, katanya.

Dalam sambutan Bupati Lembata yang dibacakan oleh Staf Ahli Bupati Siprianus Meruk, mengatakan saat ini kita butuh lompatan besar dalam penyelenggaraan pemerintah. Tuntutan akan penyelenggaraan yang baik dan bersih (good and clean govenance) mengharuskan kita untuk melakukan inovasi dan terobosan besar dalam tata kelola pemerintah kita. Untuk itu melalui kesempatan ini saya ingin mengajak seluruh masyarakat di Kabupaten ini, mari kita rapatkan barisan mengambil peran dalam mewujudkan Kabupaten Lembata  yang lebih maju dan lebih transparan, ucapnya.

Lanjutnya, Era globalisasi yang terjadi saat ini telah membawa dampak pada perubahan lingkungan strategis serta perkembangan di berbagai bidang, termasuk perkembangan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu saya menyadari sungguh, bahwa salah satu ciri utama dari abad 21 ini adalah dijadikannya teknologi informasi sebagai bagian tak terpisahkan dari berbagai aktivitas keseharian, tak terkecuali aktivitas pemerintahan, termasuk didalamnya pengadaan barang/jasa, ucap Bupati Lembata. Sehingga tidaklah mengherankan dalam konteks seperti ini maka kegagapan akan teknologi informasi dipersepsikan sebagai sesuatu yang ketinggalan zaman.

Tujuan dari Kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat/publik tentang dimulainya pelaksanaan aplikasi tata kelola dan manjemen system pemerintahan berbasis elektronik yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lembata dalam upaya menciptakan pelayanan pemerintah berbasis elektronik, tegasnya.

Sebelum mengakiri sambutannya, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada pihak CV. Berani Usaha mandiri dan semua pihak yang sudah terlibat aktif dalam menyusun rencana pengembangan ini. Kiranya kegiatan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bersinergi mendukung penerapan aplikasi tata kelola dan manjemen system pemerintahan berbasis elektronik di Kabupaten Lembata. (Yan Moruk/Kominfo)