13 PEDAGANG PASAR PADA LAKUKAN RAPIDTEST

 

Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lembata melakukan rapid test secara sampling untuk mendeteksi sedini mungkin penyebaran virus corona

Lewoleba, Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lembata melakukan rapid test secara sampling untuk mendeteksi sedini mungkin penyebaran virus corona. Sebanyak 13 pedagang tetap di pasar Pada Lewoleba dipilih dan langsung menjalani test, Senin, 18/05/2020
Tim Gugus Tugas yang turun langsung lapangan pada kesempatan ini terdiri dari unsur Dinas Kesehatan, RSUD Lewoleba, Puskesmas Lewoleba, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, dan Dinas Komunikasi dan Informatika.

Drs. Gabriel Balawarat, M.M selaku koordinator Tim Pelaksanaan Rapid Test Pasar Pada mengatakan bahwa ketiga belas pedagang tersebut terdiri dari Iima laki-Iaki dan delapan perempuan dipilih secara acak mewakili setiap blok yang ada dalam Pasar Pada, jelas Balawarat yang juga Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah,
Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lembata.

Lebih Ianjut Balawarat menjelaskan sampel yang dipilih hanya berasal dari pedagang tetap di pasar itu karena pertimbangan merekalah yang tetap berada di pasar dan berpotensi besar terpapar Covid-19 dari pengunjung pasar.

Selain itu, Gabriel menambahkan bahwa tingkat kesadaran sudah tinggi untuk memeriksakan diri. Ini terbukti dengan beberapa pedagang yang secara sadar mengajukan diri untuk menjalani rapid test sementara peralatan test saat ini masih terbatas.

“Pedagang yang tadi menjalani rapid test merasa senang karena ia dapat merasa nyaman ketika berdagang” Ujar Balawarat.
Yoseflta Deran, salah seorang pedagang yang menjalani rapid test ini mengakui awalnya ia takut atau was-was tetapi pada akhirnya senang karena ia harus memastikan bahwa dirinya tidak terpapar covid-19.

Di akhir kesempatan Balawarat mengharapkan agar setiap padagang di Pasar dapat menjadi juru bicara pencegahan penyebaran Covid-19. Hal ini dapat dilakukan dengan terus memperingatkan pengunjung pasar yang datang untuk tetap memakai masker, cuci tangan, dan physical distancing.

Dalam pantauan Tim Redaksi Kominfo, selain melakukan rapid test terhadap para pedagang juga dilaksanakan penyemprotan desinfektan secara massal hingga ke area-area tersudut dalam pasar dan sosialisasi pengendalian dan pencegahan penyebaran Covid-19 oleh Tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika. (Tim Kominfo Lembata)