KADIS KOMINFO HIMBAU TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN DI PASAR HADAKEWA

Lewoleba, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Lembata Markus Labi, S.Sos, menghimbau para pedagang pasar dan Pengunjung untuk mematuhi protokol kesehatan. Ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus corona (covid-19) di Kabupaten Lembata secara umumnya dan di Kecamatan Lebatukan secara khususnya.

Sambil melihat-lihat dagangan masyarakat, Markus juga mengingatkan, warga di Pasar Hadakewa agar selalu menerapkan protokol kesehatan, Sabtu (9/5/20) pagi tadi.

Markus yang juga Kepala Bagian Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lembata menyampaikan, bahwa masyarakat penjual secara sadar telah menjalankan protokol kesehatan yang disosialisasikan oleh tim gugus percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Lembata, tuturnya.

“Kita lihat saja warga pedagang dan pembeli di sini sudah mengenakan masker, meskipun ada yang sengaja dilepas karena pengap. Tapi apapun alasannya, tetap mengenakan masker untuk melindungi diri dari kontaminasi virus corona jauh lebih penting,” kata Labi.

Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa “protokol kesehatan itu sudah diberlakukan di pasar”, tegasnya. Masyarakat sendiri sadar dan menaati protokol kesehatan. Dengan pengeras suara, Kadis Kominfo Kabupaten Lembata itu meminta warga menerapkan sosial distancing, selalu mencuci tangan dan menggunakan sarung tangan dalam proses jual beli di pasar, ungkapnya.

Sementara itu, Camat Lebatukan Petrus Ruing, menambahkan bahwa pasar yang baru dibuka kembali pasca pandemi corona ini, tidak sepi pengunjung. Masyarakat diminta agar selalu menaati protokol kesehatan dan seluruh himbauan yang disampaikan oleh pemerintah daerah, tegasnya.

“Kalau semua kita terapkan protokol kesehatan selama dua minggu saja, tentu pasar ini akan kembali normal”, tegas Piter. Terkait hal itu, Piter berharap agar semua pasar yang ada di Kecamatan Lebatukan dapat menerapkan protokol kesehatan dalam proses jual beli. Sehingga dapat mendorong perekonomian masyarakat dengan sendirinya, ujar Piter.

Himbauan pencegahan penyebaran Covid 19, juga dilakukan oleh tim gugus tugas kabupaten dengan pengeras suara milik Dinas Kominfo oleh Yan Moruk di tengah hiruk pikuk suasana pasar pagi tadi. Ini merupakan bukti bahwa pemerintah daerah serius, siap dan tanggap menangani Covid-19 di Kabupaten Lembata.

Dalam Kegiatan ini Kadis Kominfo Lembata Markus Labi di dampingi oleh Camat Lebatukan Piter Ruing dan Ketua TP. PKK Kecamatan Lebatukan. (Tim Kominfo)