Selamatkan Warga Dari Ancaman Corona, Kominfo Sampai Kebun Terpencil

     Selamatkan warga masyarakat dari incaran penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19) Tim Edukasi Dinas Kominfo Lembata Marselus Molan,S.Sos, Yuliana Fransiska Dae, Osi Lagaor dan driver Sody Lengari, mendatangi komunitas masyarakat yang berada di kebun-kebun terpencil sepanjang pantai di pesisir Timur Lembata.

Menembusi bukit dan jalan berbatu. Tim Kominfo, menelusuri jalan melewati Bukit dan jalan berbatu menuju ke komunitas masyarakat di Kebun-kebun

Usai di dusun itu, Tim melanjutkan perjalanan menembus komunitas masyarakat Desa Mampir di Buang Buto. Setelah berada di Buang Buto tim melanjutkan lagi perjalanan ke kelompok masyarakat petani di kawasan Apen. Masyarakat sepanjang pantai di kebun-kebun yang didatangi Tim terlihat kaget dan keheranan menyaksikan kehadiran Tim Kominfo yang turun melintasi jalur jalan berbatu-batu besar, menelusuri bukit-bukit terjal hingga sampai di kebun mereka.

Kamis 9 April 2020 Tim Edukasi Kominfo usai melakukan calling pada 3 titik di Pasar Wairiang, selanjutnya Tim menyisir desa Tobotani. Setelah selesai calling pada 3 titik di desa Tobotani, Tim melanjutkan perjalanan menuju Dusun Auq Redung. Di dusun Auq Redung Tim bersosialisasi dengan masyarakat setempat difasilitasi anggota Linmas yang bertugas di dusun tersebut.

Menunjuk jalan. Anggota Linmas Menunjukan jalan kepada Tim untuk memasuki kelompok warga yang ada di tempat berikutnya.

Dengan bahasa setempat, tim menghimbau agar masyarakat harus waspada terhadap orang-orang yang datang dari luar daerah, sambil menjaga pola hidup sehat dengan biasakan diri cuci tangan teratur, menjaga kebersihan dalam keluarga, istirahat teratur dan makan-makan bergizi untuk menjaga ketahanan tubuh anggota keluarga. “Kami sangat bangga, bapak ibu  dari kabupaten bisa  koling sampai di kebun kebun seperti ini. Padahal untuk sampai di sini sangat sulit, jalan penuh dengan batu-batu besar, naik turun bukit yang terjal. Ini hal yang sungguh mengejutkan kami”, kata Bapak Letu Peuohaq di Buang Buto, dengan expresi keheranan.

Seorang anggota Linmas di Auq Redung juga menyatakan, kami senang bisa mendengarkan informasi langsung terkait corona dari Pemerintah Daerah. “Selama ini kami hanya dengar orang bercerita kalau ada virus corona yang sudah mematikan ribuan orang”, kata Bapak Linmas sambil memanggil warga untuk keluar mendengarkan informsi dari Kominfo. Kepada Tim Kominfo Linmas menyatakan, kami siap untuk mengamankan pantai di sini. Kami sudah diperintahkan untuk waspada dan tidak akan menerima orang lain yang datang.

Upaya tim untuk mensosialisasikan gerakan melawan covid 19 sampai ke dusun dan kebun-kebun tersebut sebagai komitmen untuk mewujudkan perintah Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST.,MT., agar masyarakat yang berada di pelosok dan dusun-dusun terpencil  harus mendapat informasi  dari Pemerintah melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata agar  masyarakat siap dan selalu waspada terhadap virus corona.(Kominfo Lembata)