BUPATI SUNUR,

LEMBATA MASIH ZONA HIJAU COVID-19

 

Lewoleba, Semua harus menjaga kondis ini, Kabupaten Lembata masih Zona Hijau Covid-19, demikian penyampaian Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur,  S.T,  MT ketika melantik dan mengambil sumpah 4 (empat) Penjabat Kepala Desa di halaman Puskesmas Lamaau, Desa Lamaau, Kecamatan Ile Ape Timur, Kabupaten Lembata pada Rabu, (22/4/20).

Hadir dalam acara pelantikan tersebut Ketua TP.PPK Kabupaten Ibu Yuni Damayanti,S.E, para Pimpinan OPD, Camat Ile Ape Timur, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan perutusan dari Keluarga dan Masyarakat Desa.

Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Lembata No: 138 s/d 141, 150 dan 151 Tahun 2020 tentang Pemberhentian Kepala Desa / Penjabat Kepala Desa / Anggota Badan Permusyawaratan Desa, dan Pengangkatan Penjabat Kepala Desa / Anggota Badan Permusyawaratan Desa di Kecamatan Ile Ape Timur Kabupaten Lembata.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, S.T, MT ketika melantik dan mengambil sumpah 4 (empat) Penjabat Kepala Desa di halaman Puskesmas Lamaau

Penjabat kepala desa yang baru saja dilantik yakni Penjabat Kepala Desa Aulesa Frasiskus Saga menggantikan Silferius Arakian, Penjabat Kepala Desa Jontona Rufus Payong menggantikan  Damianus Dudeng, Penjabat Kepala Desa Lamatokan Robertus Retung menggantikan Marine Purek dan Penjabat Kepala Desa Todanara Benediktus Boli Tedemaking menggantikan Nikolaus Lewa.

Dalam sambutan singkat Camat Ile Ape Timur Yosep Raya, S.Sos  melaporkan bahwa hingga hari ini wilayah Kecamatan Ile Ape Timur belum memiliki kasus baru baik itu ODP maupun pelaku perjalanan dari daerah pandemi, ungkapnya. Justru permasalahan kasus Demam Berdarah (DBD) terus meningkat dan banyak desa yang mengalami gagal panen yang menyebabkan masyarakat cemas, jelasnya.

Lanjut Raya, bahwa terkait Covid-19 segala upaya pencegahan yang diinstruksikan oleh Pemerintah Daerah telah dilaksanakan oleh sembilan desa yang ada di kecamatan ini. Baik itu social distancing, penutupan pasar, pembangunan posko gugus tugas penanganan covid-19 desa, masyarakat desa wajib menyediakan wadah cuci tangan di rumanhya masing-masing dan memperketat penjagaan di wilayah pesisir desa,  tuturnya.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur, ST.MT mengatakan, Penjabat Kepala Desa yang baru dilantik, selamat bertugas menjadi kepala desa,  semoga bisa bersinergi dan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah serta semua unsur perangkat desa dan masyarakat desa. Saudara sekalian merupakan kepala desa yang pertama kalinya dilantik saat kabupaten kita sedang disibukan dengan penanganan wabah virus berantai yang telah memakan banyak korban jiwa, ungkap Sunur.

Lebih lanjut, “hari ini saya lantik memakai masker maksudnya biar kita jangan banyak bicara lagi, tetapi kerjanya yang banyak”, tegas Sunur. Pelantikan ini sebenarnya dilakukan melalui video conference (vicon), hanya karena dibeberapa desa belum memiliki jaringan internet yang baik, maka kita harus bertatap muka secara langsung, tuturnya.

“Selamat datang penjabat kepala desa  dan jangan datang virus corona di desa” katanya. Hal ini tentu menjadi perioritas yang harus kalian kerja, karena Pemerintah Daerah sendiri sedang berupaya melawan wabah corona di setiap lini. Untuk itu, Sunur sangat mengharapkan agar setiap desa dan kelurahan menjadi ujung tombak Pemeritah di tingkat bawah dalam penanganan covid-19 di Kabupaten Lembata, harapnya.

Selain itu, Sunur berpesan agar semua kepala desa menutup akses masuk desa melalui wilayah pesisir yang mungkin saja orang yang baru datang itu bisa membawa wabah virus, tegasnya. Ditambahkan bahwa aktivitas perekonomian masyarakat harus tetap berjalan,sehingga kebutuhan masyarakat tetap dipenuhi. Untuk itu, semua program-program desa tentang pembangunan infrastruktur desa harus dilakukan swakelola dengan memanfaatkan material lokal milik masyarakat desa, dan memberdayakan masyarakat desanya.

Kabupaten Lembata sendiri masih dalam zona hijau, saya minta agar kita semua dapat menjaga kondisi ini”, tegas Sunur. Jika kita semua patuh menjalankan kebijakan pemerintah tentu pada bulan mei mendatang, kita sudah bisa beraktivitas sebagaimana yang kita lakukan sebelum wabah virus ini melanda dunia.

Akhir sambutannya, Beliau meminta agar ketua TP.PKK Desa selalu berkoordinasi dengan TP. PKK Kecamatan dan Kabupaten untuk membantu Pemerintah Daerah dalam penanganan wabah virus corona di Kabupaten yang kita cintai ini, ungkapnya. Setelah melakukan pelantikan, Bupati Sunur menyempatkan diri  memantau gedung Puskemas Lamaau yang baru diresmikan belum lama ini.

Perlu diinformasikan bahwa berdasarkan pantaun Tim Redaksi Kominfo, semua masyarakat  dan rombongan Pemerintah Daerah sebelum mengikuti acara pelantikan menerapkan aturan protokol kesehatan yakni menggunakan masker, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan, social distancing, dan pengukuran suhu tubuh oleh tim gugus tugas penanganan covid-19 Kecamatan Ile Ape Timur. (Tim Kominfo Lembata)