HADANG COVID-19

SAID,  SIAP ANGGARKAN

Lewoleba, meski dalam  keterbatasan anggaran Lembata siap menangani Covid-19, demikian  penyampaian Kepala Badan Perencanan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah  (Bappelitbangda) Kabupaten Lembata Said Kopong, S.Sos, M.Si dalam rapat evaluasi mingguan pelaksanaan kerja Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Posko Utama Kantor Bupati Lembata pada, Rabu (15/4/2020).

Rapat dipimpin oleh Sekretaris Daerah Lembata Paskalis Ola Tapobali, AP, MT yang didampingi Kapolres Lembata AKBP Janes Simamora dan Dandramil 1624-03 Lembata Mayor Chb Ihsan,  Kadis Kesehatan, Direktur RSUD Lewoleba, Kepala Bappelitbangda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Kadis Kominfo.

Said mengatakan “kami telah menyiapkan anggaran, untuk beberapa Organisasi Perangkat  Daerah seperti Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) dan Dinas Kominfo dalam pelakasanaan penanganan Covidid-19 ”, ungkapnya.

Lebih lanjut Said mengatakan bahwa  penambahan anggaran untuk  memenuhi  kondisi  adanya peningkatan penyebaran covid-19 di daerah ini. Ditambahkan bahwa anggaran disiapkan pertama, sebagai tindakan pelayanan kesehatan yakni, RSUD dan Dinas Kesehatan, dan kedua sebagai pembiayaan operasional yakni  BPBD dan Kominfo, tuturnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Tapobali mengatakan, pengalokasian anggaran sebaiknya  tidak hanya diperuntukan pada dua aspek saja yaitu aspek kesehatan dan operasional, tetapi juga harus melihat aspek-aspek lainnya seperti aspek ekonomi dan aspek jaringan pengamanan sosial yang sedang di jalankan oleh tim gugus tugas lainnya, pesannya.

Lanjutnya, mengingat status Kabupaten Lembata sekarang adalah status siaga meskipun belum masuk  pada status tanggap darurat, tapi Bappelitbangda perlu mempersiapkan anggaran sedini mungkin kedua aspek yang belum termuat, tegas Paskalis.

Senada dengan itu, Kapolres Lembata menghimbau kepada seluruh masyarakat Lembata agar dapat bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam melakukan kegiatan penanganan dan pemutusan rantai penyebaran covid-19 di kabupaten yang kita cintai ini, ajak Janes. (Tim Kominfo)