CEGAH VIRUS CORONA,

PEMERIKSAAN PENUMPANG KAPAL LAUT DIPERKETAT

    Lewoleba, Pemeriksaan penumpang kapal laut diperketat untuk memastikan penumpang yang tiba di Kabupaten Lembata tidak terindikasi terinfeksi virus, maka perlu melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan desinfektan sebagai salah satu langkah preventif dan antiipasif penyebaran covid-19, demikian Kepala Seksi P2PM (Pemberantasan Penyakit Menular) Rosa Dalima Tuto, pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata, di Pelabuhan Ferry Desa Waijarang Kecamatan Nubatukan Kabupaten Lembata Jumat (04/04/2020).

Tim TNI AD, Polri bersama tim kesehatan melakukan upaya deteksi dini penyebaran Covid-19 atau virus corona dengan cara memeriksa suhu tubuh dan penyemprotan cairan desinfektan kepada penumpang yang datang dengan Kapal Motor penyeberangan Ferry di pelabuhan laut Waijarang.

    Setiap penumpang yang tiba di pelabuhan laut ini, satu persatu diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan thermometer tembak ke dahi setiap penumpang, dan melakukan penyemprotan cairan di setiap barang bawaan serta kendaraan milik penumpang oleh tim gabungan yang berada di Posko Pelabuhan Ferry saat itu.

Menurut Tuto, apabila ditemukan penumpang dengan suhu tubuh diatas 380C, maka penumpang tersebut akan dievakuasi untuk diperiksa lebih lanjut oleh tim medis penanganan Vocid-19. Selain itu Rosa juga menghimbau kepada setiap penumpang, khususnya bagi penumpang yang baru saja tiba dan berasal dari luar Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengisi formulir pernyataan isolasi mandiri di rumah selama empat belas (14) hari dan melaporkan diri ke Pemerintah Desa maupun Kelurahan setempat terkait kedatangan tersebut, dan dilarang untuk melakukan interaksi sosial dengan keluarga dan masyarakat setempat.

Hal lainnya ditambahkan oleh seorang penumpang yang baru saja tiba di Pelabuhan Laut  Waijarang, Steven Luron (22 th) mahasiswa salah satu Universitas Negeri di Kota Kupang saat diminta keterangan mengatakan, sedikit merasa resah karena harus menunggu lama dalam antrian saat dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan desinfektan perorangan. Walaupun merasa resah dilain sisi Stevan juga sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada Pemerintah dan pihak TNI/Polri serta tim Kesehatan yang begitu sigap dan serius melawan wabah virus covid-19 ini, ungkapnya.

    Usai melakukan pemeriksaan suhu tubuh dan penyemprotan cairan desinfektan kepada para penumpang, tim gabungan juga langsung melakukan scanner suhu tubuh dan penyemprotan cairan desinfektan. Hal ini dilakukan menghindari wabah virus yang bisa saja menular  saat melakukan kontak lansung dengan para penumpang yang baru saja tiba di pelabuhan kapal Ferry Waijarang. Selain memberisikan diri, Tim Gabungan juga melakukan pembersihan areal pelabuhan agar pelabuhan tetap terbebas dari sampah dan wabah virus covid-19. (Tim Kominfo) Lembata