HADANG CORONA
KADIS KOMINFO TERJUN KE LAPANGAN


     Lewoleba, berjuang untuk Kabupaten Lembata bebas Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lembata Markus Labi,S.Sos terjun langsung ke lapangan guna memonitorng kinerja Tim Kominfo menjelajah Tanah Lembata.  Upaya dan kerja keras itu dilakukan guna memaksimalkan peran Dinas  Komunikasi dan Informatika dalam menjalankan tugas sebagai ujung tombak Pemerintah Daerah dalam menyebarluaskan informasi ke seluruh masyarakat Kabupaten Lembata. Informasi aktual dan mendesak yang mendorong sang Kadis untuk berjibaku bersama Tim Kominfo  ke lapangan guna membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi bahaya penyebaran virus covid 19 yang saat ini sedang mencemaskan penduduk seantero dunia.

Kadis kominfo Markus labi,S.Sos memonitoring Petugas yang sedang menyebarluaskan informasi tentang Bahaya Virus Covid -19 di Kecamatan Lebatukan, Jumad, 27 Maret 2020 pukul 17.30 Wita.
Foto: Kadis kominfo Markus labi,S.Sos memonitoring Petugas yang sedang menyebarluaskan informasi tentang Bahaya Virus Covid -19 di Kecamatan Lebatukan, Jumad, 27 Maret 2020 pukul 17.30 Wita (Dokumen Kominfo Lembata).

     Dalam optimalisasi tugas pokok dan fungsi Organisasi yang dipimpinnya. Kadis Kominfo tak tanggung tanggung memerintahkan seluruh personilnya untuk keliling Kabupaten Lembata untuk penyebarluasan informasi tentang bahaya penularan Virus Corona dan bagaimana menghindari Virus yang mematikan ini. Suatu pernyataan yang selalu memotivasi para bawahan untuk tetap bersemangat dan berkomitment dalam menghadapi masalah virus corona adalah orang Kominfo harus berlomba kecepatan dengan kecepatan Virus Corona. Jika virus corona lebih dulu menggerogoti penduduk Lembata karena keterlambatan atau kekurangan informasi berarti itu adalah kegagalan kita sebagai orang Kominfo.  Selain itu,  sang Kadis juga selalu melakukan monitoring secara langsung ke lapangan sehinga tahu apa yang dibutuhkan dan dilakukan bawahannya.    

menyebarluaskan informasi tentang Bahaya Virus Covid -19 di Kecamatan Ile Ape
Foto: Tim Kominfo menyebarluaskan informasi tentang Bahaya Virus Covid -19 di Kecamatan Ile Ape (Dokumen Kominfo Lembata)
menyebarluaskan informasi tentang Bahaya Virus Covid -19 di Kecamatan Lebatukan
Foto: Tim Kominfo menyebarluaskan informasi tentang Bahaya Virus Covid -19 di Kecamatan Lebatukan (Dokumen Kominfo Lembata)

 

     Tim Kominfo dalam setiap  materi penyebarluasan informasi daerah yang ditandatangani Wakil Bupati Lembata Dr.Thomas Ola, SE, M.Si, selalu mengawali dengan pernyataan peneguhan kepada seluruh masyarakat.  Bahwa saat ini Pemerintah  Kabupaten Lembata  “ Serius, Siap dan Tanggap menangani masalah Covid 19”. Karena itu kepada Seluruh warga masyarakat diharapkan tetap tenang dan waspada. Selain pernyataan peneguhan,  Tim Kominfo menginformasikan tentang cara pencegahan Covid-19 dengan menerapkan perilaku hidup sehat berupa cuci tangan secara rutin, menutup mulut saat bersin atau batuk, menjaga kondisi tubuh dengan istirahan teratur, olahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi kepada seluruh masyarakat desa.

     Selain materi di atas Tim Kominfo juga menginformasikan tentang pentingnya menjaga jarak dengan orang lain kurang lebih satu sampai 2 meter.  Bagi warga desa yang datang dari luar daerah wajib melaporkan diri ke pihak Pemerintah Desa untuk  segera diambil langkah pemeriksaan dengan mengikuti Standar prosedur  protokol kedatangan  yang berlaku. Tak lupa juga diinformasikan kepada seluruh masyarakat desa bahwa  aktivitas Pemerintah Daerah saat ini diarahkan untuk membendung dan menjaga kabupaten Lembata agar bebas dari ancaman Covid 19 yang menjadi kecemasan dunia saat ini.

    Bapak Yakobus,  salah satu warga Desa Tapobaran begitu gembira setelah mendengarkan informasi yang disampaikan dari Tim Kominfo tentang bahaya virus Covid -19. “Kami sangat membutuhkan informasi seperti ini agar kami bisa tahu tentang tindakan sederhana yang dapat kami lakukan, kata sang Bapak itu dengan mimik muka yang gembira sambil mengarahkan kendaraan Tim Kominfo ke tempat lebih tinggi  dan meminta agar informasi dapat diulang agar didengar seluruh warga. (Kominfo Lbt)