LEMBATA MENGHADANG  COVID-19

    Pemerintah Kabupaten Lembata mencegah masuknya Virus Covid-19 atau (Corona) dengan melakukan berbagai aktivitas kegiatan mulai dari sosialisasi penularan dan cara menghindari Covid-19 sampai dengan melakukan penyemprotan desinfektan kepada masyarakat, tempat-tempat strategis dan fasilitas publik yang berada di Lembata.

Sebagaimana disaksikan di pelabuhan Laut Lewoleba, Kamis 26 Maret 2020, Pkl. 07.30 pagi, Petugas Gabungan dari Posko Penanggulangan Pencegahan Virus Covid-19 dengan cekatan menyemprotkan cairan desinfektan kepada setiap penumpang dan barang bawaan yang hendak bepergian keluar Lembata maupun yang tiba di  Lembata.  Langkah ini diambil guna memerangi merebaknya Virus Covid-19 yang telah menelan korban puluhan ribu penduduk dunia, yang hingga kini terus bertambah setiap hari dengan hitungan deret ukur yang tak terbilang.

Salah satu Petugas Tim Pencegahan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Lembata ketika dikonfirmasi di markas Posko Pencegahan yang berada dalam lingkungan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Lembata  menyebutkan, bahwa saat ini sedang berlangsung pelaksanaan pengukuran suhu tubuh dan penyemprotan kepada setiap orang di setiap Pintu masuk dan pintu keluar utama wilayah Kabupaten Lembata yakni Pelabuhan laut Lewoleba dan Bandar Udara Wunopito.  Selain kedua pintu masuk utama yang berada di kota Lewoleba, Tim Pencegahan Covid-19 juga telah berkoordinasi melalui rapat bersama dengan para kepala Puskesmas se-kabupaten Lembata untuk melakukan tindakan yang sama terhadap Pelabuhan Balauring Kecamatan Omesuri, Pelabuhan Wulandoni Kecamatan Wulandoni dan Pelabuhan Wairiang Kecamatan Buyasuri agar seluruh wilayah Kabupaten Lembata dapat benar benar terhindar  dari masalah Covid-19.

 

LEMBATA MENGHADANG  COVID-19
Foto: Kegiatan penyemprotan desinfektan kepada masyarakat, tempat-tempat strategis dan fasilitas publik yang berada di Lembata

Masih menurut informasi dari petugas posko, selain pelabuhan laut dan Bandara, 3 (tiga) unit pasar utama dalam kota Lewoleba yakni  Pasar Lamahora, Pasar Pada dan Pasar TPI juga akan ada kegiatan  penyemprotan  yang sama pada setiap hari oleh petugas sebelum dimulai adanya aktivitas pasar dan setelah selesai aktivitas pasar, katanya.

Ketika ditanya soal keefektifan penggunaan desinfektan dalam memerangi Virus Covid-19 dengan cara penyemprotan, sang petugas menjelaskan bahwa desifektan merupakan cairan  yang dibuat dari bahan hydrogen, creasole atau alcohol yang efektif untuk membunuh berbagai virus yang menempel pada pakaian dan tubuh serta  lingkungan sekitarnya. Dengan penyemprotan ini akan sangat membantu mencegah penyebaran virus yang berbahaya tersebut, tambahnya. (Kominfo,LBT)