Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur,ST,MT diagendakan  untuk survei  langsung ke lokasi  Dekeq Nalaq pada Rabu, 12 Februari 2020.  Bersama beberapa pimpinan OPD terkait, Camat Omesuri Sipri Suya,SH, kepala Desa Leubatan dan aparat,  sejumlah kepala desa se-kecamatan Omesuri akhirnya tiba di lokasi Dekeq Nalaq pukul 09.30 wita.  Dekeq Nalaq merupakan suatu lokasi yang masuk dalam wilayah hukum Desa Leubatan yang sudah pasti akan menjadi ibu kota calon kecamatan baru Suri Wula  pemekaran dari kecamatan Omesuri yang kini tinggal menunggu waktu.

Kedatangan Bupati Lembata di lokasi itu untuk meninjau secara dekat pelaksanaan pembangunan PUSKESMAS yang sedang dibangun di lokasi tersebut. Selain ninjau pembangunan PUSKESMAS Bupati Lembata juga melakukan  survei secara langsung  lokasi untuk penempatan beberapa gedung kantor  pemerintah di lokasi calon kecamatan baru tersebut.  Disebutkan bahwa  gedung  kantor yang pasti  akan dibangun di tempat tersebut  yakni Kantor Kepolisian Sektor,  Kantor Camat, dan beberapa kantor Unit Pengelola Teknis Dinas yang akan didesain penempatannya oleh Dinas teknis terkait.

Selain Bangunan kantor, Bupati Lembata juga memerintahkan untuk mendesain area parkir kendaraan bermotor roda 2 dan roda 4,  desain jalur jalan penghubung   antar instansi  di lokasi tersebut. Lokasi ini harus dimanfaatkan secara optimal dan mendesainnya secara tepat. Pohon pohon yang ada di sekitar lokasi ini harus tetap berdiri untuk menjaga ke aslian tempat ini, katanya.

Ketua BPD Desa Leubatan Ajis Amo Noreng dilokasi kegiatan menyatakan, lokasi ini berada di atas tanah parak tapi dari sisi letak sangat strategis dan indah. Dengan berdirinya kantor di tempat ini akan menjadi daya tarik bagi masyarakat kami untuk membangun ke sini sehingga ada penyebaran penduduk desa ke arah timur, katanya.( m.m Kominfo Lbt)