Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur menegaskan agar budaya dan permainan – permainan rakyat harus  digali dan ditumbuh kembangkan dalam masyarakat. Penegasan tersebut disampaikan saat membuka rapat persiapan penyelenggaraan Festival Budaya Uyelewun Raya di desa Benihading Senin, 07 Oktober 2019.  Dihadapan 3 ratusan  Aparatur Sipil Negara (ASN) asal Kedang yang hadir  Bupati meyeruhkan  sebagai ASN yang berwawasan lebih luas dan paham tentang pengembangan budaya  agar  kreatif dalam menciptakan atraksi atraksi untuk menghidupkan kembali budaya serta permainan-permainan rakyat yang diwariskan para leluhur.

Bupati Lembata Eliaser Yentji Sunur,ST,MT

Kita telah berinovasi dala kebijakan daerah  untuk menyelenggarakan ivent besar Festival Budaya Uyelewun Raya  dan kalian silakan berkreasi untuk menciptakan atraksi aktraksi untuk menghidupkan kembali budaya, tradisi, tarian, serta bentuk bentuk permainan rakyat  yang ada ditengah masyarakat kita yang saat ini mulai pudar dan hilang, tegasnya.  Ia juga menggagaskan sebuah atraksi besar  proses para leluhur bermigrasi dari puncak Uyelewun dari generasi kegenersi hingga terbentuknya 44 kampung mengelilingi gunung Uyelewun dan berdirinya desa-desa yang ada sekarang ini. Menurut  Bupati Sunur atraksi ini adalah hal yang luar biasa karena faktanya  masyarakat kedang memiliki sejara, sislsila serta asal muasal yang sama bahwa semua berasal dari Omesuri dan Buyasuri yang berasal dari gunung Uyelewun.  Untuk mewujudkan hal tersebut Bupati memerintahkan  agar panitia penyelenggara segera berkoordinasi dengan para pelaku ritual adat (Molan) untuk teknis pelaksanaannya.

Bupati Sunur juga memerintahkan agar para kepala desa wajib menggerakkan seluruh warga masyarakat untuk terlibat dalam seluruh rangkaian kegiatan Festival Budaya Uyelewun Raya dengan  membawakan  permainan permaianan rakyat,  tarian-tarian adat, memamerkan barang adat,  serta kegiatan   hamang  Kapung Ili ( menari Peluk Gunung)  dan kegiatan lainya dalam  acara Festival Budaya Uyelewun Raya yang berlagsung sejak  Kamis, 17 Oktober sampai  Sabtu, 19 Oktober 2019 yang akan datang. (m.molan Kominfo Lbt)