Sekretaris Daerah Anthanasius Aur Amuntoda, SE, MM, membuka secara resmi Open Turnamen Volly Ball Civika Cup III tahun 2019, di Desa Lewayan Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata pada Minggu, (29/9/19). Open turnamen Volly Ball Civika Cup III ini merupakan kejuaran yang sangat penting dan strategis kerena dapat dijadikan sebagai salah satu indikator berjalanya pembinaan dan pelatihan cabang olahraga bola voli di setiap desa dan kecamatn di Kabupaten Lembata ini.

Demikian Sambutan Bupati Lembata yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Lembata Anthanasius Aur Amuntoda, SE.MM, ketika membuka turnamen Volly Ball Civika Cup III. Dalam kegiatan yang dihari oleh Anggota DPRD Abubakar Sulang, Unsur Forkompinda Lembata, Camat Omesuri, para kepala desa serta peserta Turnamen Volly Ball Civika Cup III.

Saya berharap ajang ini dapat dijadikan sarana konsilidasi, adu bakat dan prestasi para atlet bola voli di Kabupaten Lembata, mengingat cabang olahraga bola voli merupakan salah satu cabang olahraga yang juga sangat diminati oleh masyarakat Lembata. Tujuan diadakan pertandingan ini adalah mempererat rasa persatuan dan kesatuan serta meggali potensi atlet-atlet berbakat yang dapat mengikuti even lebih tinggi dan lebih bergensi lainnya, baik di tingkat regional maupn di tingkat naisional.

Lanjutnya, untuk itu, saya menghimbau seluruh peserta turnamen agar menumbuhkan jiwa sportifitas sehinga menghargai dan mengakui keunggulan lawan juga menyadari dan menerima kekalahan dalam pertandingan. Yang nantinya berhasil keluar sebagai pemenang tidak memiliki jiwa yang angkuh dan menganggap remeh lawan yang kalah sebab mempertahankan kemenangan jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan perjuangan untuk merai kemenangan, tandasnya.

Sebelum menutup sambutannya, beliau meminta agar dengan rutinitas latihan dan kontinuitas even kejuaraan sepeti ini tidak menutup kemungkinan di desa-desa, kecamatan bahkan di Kabupaten Lembata akan lahir atlet-atlet berbakat yang bisa dibanggakann di kemudian hari. Untuk itu, beliau berharap kepada semua peserta Turnamen Volly Ball Civika Cup III ini, untuk senantiasa meningkatkan rasa kebersamaan, sportivitas dan memperkokoh persatuan dalam semangat taan tou, karena kita Satu Lembata, Satu NTT dan Satu Indonesia, tutupnya.

Dalam sambutan anggota DPRD mengataka, tujuan penyelenggaraan Turnamen Volly Ball Civika Cup III ini adalah untuk mengembangkan bakat dan dan generasi muda di Kabupaten Lembata dalam cabang olahraga voli, dalam membina dan mempererat tali persaudaraan antara generasi muda di Kabupaten Lembata yang kita cintai ini. untuk itu jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan rasa tangungjawab serta mengembangkan budaya hidup sehat dan gembar berolahraga.

Diakhir sambutannya beliau mengharapkan pertandingan ini hendaknya dalat melahirkan pemain-pemain voli putera yang dapat megharupkan nama Kabupaten Lembata di masa yang akan datang. Saya juga memberikan apreasi terhadap kegiatan ini selain sebagai ajang untuk menyalurkan hobi dan kegemaran, tetapi juga dapat dijadikan ajang silahturami serta memperkokoh persatuan, persaudaraan dan kebersamaan diantara masyarakat, ujarnya.

Diawali dengan pertadingan perdana Air Panas B melawan Pop Xecom, yang ditandai dengan service perdana oleh sekda Kabupaten Lembata, yang didampingi oleh Anggota DPRD, Kapolsek Balauring dan Camat Omesuri, yang menyaksikan secara lansung pertandingan perdana tersebut. Sebelum pertandingan berlangsung diawali acara seremonial pembukaan dan hiburan tarian dari anak-anak sekolah. (Yan Moruk /Kominfo Lembata)